Rabu, 07 April 2021

Kelebihan & Kekurangan Kuliah Secara Daring & Luring

  Assalamualaikum wr.wb.

Balik lagi bersama saya Gita Lianda.

    Saat ini saya berstatus sebagai seorang mahasiswi yang masih duduk di semester 2. Pada saat awal masuk tepatnya pada semester 1, saya dihadapkan dengan kenyataan bahwa saya tidak bisa berkuliah secara tatap muka dikarenakan adanya pandemi Covid-19 sehingga seluruh proses belajar mengajar di indonesia harus dilakukan secara online (daring). Awalnya sempat merasa sedih karena tidak bisa merasakan bagaimana rasanya berkuliah secara langsung, bertemu teman baru dan dosen. Selama satu semester saya menjalani proses perkuliahan secara daring. Alhamdulillah di semester kedua saya mendengar kabar bahwasannya perkuliahan sudah bisa dilakukan secara tatap muka (luring). Ada rasa senang tersendiri begitu mendengar kabar tersebut. Saya dan teman-teman sudah bisa menjalani proses belajar secara normal walaupun tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

    Sudah beberapa minggu ini saya menjalankan proses perkuliahan secara luring dan dari sini saya mulai berpikir ternyata kuliah daring maupun luring ternyata memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada saat menjalani kuliah secara daring saya merasa kelebihannya adalah, waktu perkuliahan yang lebih singkat, saya sebagai seorang mahasiswi hanya bermodalkan kuota dan sinyal yang baik sudah bisa mengikuti perkuliahan. Sedangkan kekurangannya, seringkali sinyal yang tidak stabil sehingga proses belajar menjadi kurang efektif.

Kuliah luring sendiri pun begitu, memiliki kelebihan maupun kekurangannya masing-masing. Kelebihannya adalah, saya bisa bertemu dengan dosen maupun teman-teman secara langsung sehingga suasana perkuliahannya lebih terasa. Sedangkan kekurangannya, kuliah luring lebih banyak menghabiskan baik itu waktu, tenaga dan materi. 

    Namun, sejauh ini baik itu kuliah secara daring maupun luring, saya tetap menjalankan perkuliahan dengan senang hati. Waktu-waktu di bangku kuliah seperti inilah yang paling dinanti-nanti. Dimana kampus bisa menjadi tempat untuk saya bisa berproses menjadi lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fokus Pada Satu Hal

       Kemarin ketika saya mencoba untuk beristirahat pada malam hari, tiba-tiba saja saya terlintas ingin membuka usaha kecil-kecilan thr...